Pantai Cirewang, Amazonnya Indonesia

Yap Betuls… Salah satu Amazonnya Indonesia. Ya menurut saya sih begitu. Karena akses menuju pantai cirewang ini, terlebih dahulu kita harus menaiki perahu yang akan melewati sungai yang dikelilingi dengan pohon-pohon mangrove, dan itu keren sih menurut saya. Dengan kesan yang membuat kita seakan-akan sedang berada di sungai amazon, indah gitu loh. Ya meskipun saya belum pernah sih ke sungai amazon, haha. 

Takut ga sih naik perahunya? Ga takut ada buaya tuh? 

Hmmm.. buaya darat kali ah, sejauh ini saya asik-asik aja sih, seru malah, tapi ya memang saya juga belum tau sungai ini dalemnya segimana, belum pernah nyoba berenang di sungainya soalnya, haha.

Akses Perjalanan

Perjalanan diatas perahu itu kita tempuh selama 10-20 menit, dan itu merupakan keunikannya sih, ya karena bagi saya perjalanannya itu loh yang kadang menjadi kesan tersendiri bagi penikmatnya. 

Trip kali ini, saya ditemani bersama teman saya namanya sebut saja si Budi. Saat itu kita berangkat jam 14.30 WIB, memang niat saya kesana sih mau liat Sunset gitu, mudah-mudahan dapet view sunset yang lumayan keren gitu. 

Lalu, setelah melewati hutan mangrove dengan suguhan yang memanjakan mata, juga banyak ditemani dengan keaneka ragaman hayati termasuk beberapa jenis burung dan ikan yang biasa hidup di daerah pantai, itu manjadikan keasikan tersendiri. Nah kali ini saya sampai di dermaganya Pantai Cirewang Indah.

 
Dermaga Pantai Cirewang
Dermaga Pantai Cirewang

Bisa kita lihat, mereka yang disana itu lagi menunggu.

Cieee kaya jodoh aja di tunggu… 

Menunggu jemputan kapal buat mereka pulang menuju parkiran. Secara saya kan kesana lumayan sore juga sih nyampe sana sekitar jam 3 sore kali yah, harusnya sih emang itu jamnya buat pulang, tapi ya demi sunset guys, gpp lah yah haha..

Saat memasuki akhir pekan atau hari libur, pastinya banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahannya, ya lumayan lebih ramailah dari hari biasa. Ketika akan naik perahu pun kadang kita harus mengantri terlebih dahulu. Untuk perahu sendiri itu kita bisa bergabung bersama yang lain, atau juga bersama grup kita sendiri, itu tergantung jumlah orang, situasi dan kondisinya selama disana, apakah sedang ramai atau tidak. Kalau sedang sepi sih 4 orang juga berangkat-berangkat aja. Nah kalau lagi rame, ya paling rela bersamaan dengan rombongan yang lain. Tapi seru juga kok, kita bisa berbaur dengan yang lain.

Akses menuju Pantai Cirewang
Akses menuju Pantai Cirewang

Oh Iya… Siapa nih yang belum tau Pantai Cirewang dimana? 

Pantai Cirewang

Ya, Pantai Cirewang ini terletak di pesisir utara Kabupaten Subang. Pantai ini juga jaraknya tidak terlalu jauh dengan Pantai Pondok Bali dan Pantai Patimban, berlokasi di Desa Pangarengan, Legonkulon, Kabupaten Subang. Dari Kota Subang sendiri berjarak kurang lebih 50 km-an, dan bisa kita tempuh kurang lebih 1 jam 30 menitan dengan menggunakan sepeda motor, kalau menggunakan mobil ya paling sekitar 2 jam perjalanan. 

Pantai Cirewang ini merupakan pantai yang berupa tanah timbul yang berpasir yang membentuk selat kecil, yang luasnya mencapai kurang lebih 500m2 dengan panjang sekitar 1 km. Pantai ini juga banyak ditumbuhi pohon bakau yang sangat rapat, menjadikan suasana perairan ini menjadi cukup tenang karena terhalang oleh tanjung cirewang.

Pasir Timbul Pantai Cirewang
Pasir Timbul Pantai Cirewang

Pantai yang baru diresmikan pada tahun 2013 ini, memiliki pesona keindahan alam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, dengan menikmati deburan ombak dan angit laut yang siap memanjakan hati dan pikiran, haha.          

Sebelum masuk ke daerah pasir pantainya, setelah sampainya di dermaga, kita terlebih dahulu memasuki kawasan hutan bakau dengan menyusuri jembatan bambu yang panjangnya kurang lebih 200 meter. Dan setelah itu sampai deh di kawasan pesisir pantainya yang lumayan unik dan pesonanya yang khas.

Harga Tiket

Baik, saya akan simpulin nih biaya perjalanan saya selama disana:

Deskripsi Harga 
Tiket Masuk Rp5.000/orang
Parkir Motor Rp5.000/motor
Perahu (PP) Rp15.000/orang
Toilet Rp2.000/orang

Lumayan murah juga yah guys.

Fasilitas

Adapun fasilitas yang sudah ada disana, yaitu:

1. Toilet/Kamar Mandi

2. Area Parkir Mobil/Motor

3. Mushala

4. Penginapan

5. Warung-warung, dll. 

Nah itu dia fasilitas yang ada disana. 

Keindahan Sunset Pantai Cirewang

Di pantai ini saya hanya menikmati sekitar 2 jam lebih, dari setengah 4 sore sampai setengah 6 menjelang maghrib. Ya sambil menunggu moment sunsetnya itu loh, haha. Dan cuaca saat itu juga kelihatannya sedang baik-baik saja. Sambil menikmati deburan ombak di pesisir pantai, dan menikmati sejuknya angin laut yang melewati sekujur tubuh, itu merefreshkan hati dan pikiran tentunya. 

Dan setelah beberapa menit saya menunggu moment itu, dan akhirnya…

Saya bisa menikmati sore itu dengan sangat indahnya…

Sunset Pantai Cirewang Indah, Subang
Salah satu sunset terbaik yang ada di Pantai Cirewang, Subang

Gila sih ini parah, keren sunsetnya. Keren bingitss guys, haha..

Bahagia banget saya saat itu.  Langka banget kayanya dapet yang epic kaya gini. Ya meskipun warna air pantai di cirewang ini tidak begitu baik dilihat, namun Matahari Terbenam mampu menyempurnakan kekurangan itu. Widihh…

Sunset pantai cirewang
Menikmati sunset di pantai cirewang, salah satu pantai keren di subang

Ya… itu lah cirewang. Pesona dengan segala pesonanya yang khas. Jadi, apakah kalian tertarik untuk datang ke pantai cirewang?

Perjalanan saya hari itu menyisakan potret yang indah, dan kesan menakjubkan. Ya awalnya sih syukur-syukur dapet sunset, eh dapetnya malah beneran deh, oke banget malah, haha. Ya sudah, kita nikmati dan syukuri saja. 

Apapun hasilnya, harus kita syukuri guys. Jika hasilnya sesuai ekspetasi, mungkin itu adalah bonus yang diberikan Tuhan untuk kita, kalau tidak, ya mungkin dengan itu kita bisa belajar dan mengambil hikmah, bahwa tidak hanya angan-angan kita saja yang harus di ekspetasikan, mungkin ada banyak hal juga yang sebetulnya patut harus kita syukuri.

Sunset terbaik di pantai utara pulau jawa
Menikmati sunset yang indah di pantai cirewang, subang, jawa barat.

Kesimpulannya, JANGAN LUPA BERSYUKUR ya Guys.

Walid Hasbi

I am a traveler, writer, singer, motivator, and someone who always wants to greet the world through a beautiful moment in life.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *